Post Page Advertisement [Top]

Kesuksesan Pembangunan Nasional Diawali Dengan Inovasi Pemuda dalam Membangun Desa

Kesuksesan Pembangunan Nasional Diawali Dengan Inovasi Pemuda dalam Membangun Desa

Pembangunan merupakan proses pewujudan cita-cita negara untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera secara merata diseluruh wilayah Indonesia, namun pembangunan yang merata, makmur dan sejahtera tersebut belum bisa dinikmati masyarakat Indonesia.

Indonesia pada masa orde baru mencanangkan Rencana Pembangunan Lima Tahun (Rapelita) dimana pada masa itu adalah waktu yang tepat untuk melakukan pembangunan pedesaan. Hal tersebut dapat dilihat melalui kondisi masyarakat Indonesia yang relatif homogen dan memiliki rasa kebersamaan yang kuat. Namun momentum tersebut tidak dapat dimanfaatkan pemerintah Indonesia dengan efektif sehingga menjadi negara tertinggal.

Padahal seperti yang kita ketahui desa memiliki kekayaan dan sumber daya yang melimpah. Setiap pasokan makanan dan buah-buahan atau sayur-sayuran untuk wilayah perkotaan berasal dari desa. Desa memiliki wilayah yang luas, dan wilayah yang strategis bagi masyarakatnya untuk dapat berkarya. Namun melihat kondisi saat ini justru daerah pedesaan malah menjadi daerah tertinggal.

Indonesia memerlukan gerakan baru untuk dapat menumbuhkan pembangunan terutama pembangunan pedesaan. Akan tetapi masyarakat desa seringkali diposisikan pemerintah sebagai pihak yang digerakkan, namun jarang sekali dimintai pendapatnya untuk membangun desa itu sendiri.

Padahal tanpa pemerintah sadari setiap masyarakat pedesaan memiliki potensi yang kuat untuk membangun pedesaan yang akan berdampak pada pembangunan Indonesia. Maka dari itu sangat disayangkan apabila pembangunan nasional tidak ditunjang dengan pembangunan desa.

Pembangunan desa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti misalnya pemerintah melakukan perbaikan infrastruktur yang akan mempermudah masyarakat desa untuk melakukan aktivitas dan berkarya.

Pemerintah dapat pula memberikan pelatihan kepada pemuda-pemuda desa yang kemudian pemuda-pemuda desa tersebut akan meneruskan kepada masyarakat. Maka dalam pembangunan pedesaan tidak hanya peran pemerintah saja, akan tetapi masyarakat desa terutama para pemuda sangat berperan penting.

Pemuda adalah aspek yang sangat kuat dalam pembangunan desa. Dapat dilihat dari fisik pemuda yang kuat dan jiwa yang masih penuh semangat. Pemuda dapat memberikan solusi yang sangat cemerlang dalam pembangunan desa. 

Inovasi pemuda sangat dibutuhkan dalam pembangunan pedesaan. Pemuda sebagai kader penerus bangsa dapat menjadi organizer yang menata dan membantu memenuhi kebutuhan warga desa, sebagai mediamaker yang berfungsi sebagai aspirasi masyarakat, dan bahkan menjadi pemimpin(leader) dalam menggerakkan masyarakat desa.

Peran penting yang hendaknya dilakukan pemuda ialah menggerakkan masyarakat untuk terbuka dengan hal-hal baru, merubah pola pikir masyarakat desa untuk tidak takut dengan perubahan. Karena jika pemuda tidak dapat menggerakkan masyarakat untuk terbuka maka akan sulit nantinya bagi pemuda untuk memberikan inovasi-inovasi perubahan pedesaan ke arah yang lebih baik.

Pedesaan tidak akan berkembang jika masyarakatnya selalu menolak datangnya perubahan. Setelah pola pikir masyarakat berubah ke arah yang positif dalam menghadapi perubahan dan hal-hal baru, maka pemuda dapat memberikan inovasi-inovasi cemerlangnya. Desa memiliki potensi yang sangat kuat dalam pembangunan Indonesia.

Selain wilayahnya yang luas, desa-desa di Indonesia juga masih sangat alami dan tradisional. Disinilah pemuda hendaknya berperan untuk membangun desa dengan cara menjadikan desa sebagai objek wisata yang akan mengundang wisatawan yang kemudian akan memberikan pemasukan untuk pembangunan desa dan masyarakatnya.

Pemuda dapat mengajak masyarakat untuk memanfaatkan alam yang ada di desa tersebut dan merubahnya menjadi objek wisata. Kita dapat mengambil contoh Kampung Wisata Jodipan di Kota Malang.

Kampung Jodipan diubah menjadi kampung wisata dengan cara sederhana yakni tembok rumah masyarakatnya diberikan cat warna-warni yang akhirnya berdampak pada minat wisatawan yang ingin berkunjung ke kampung tersebut baik dari daerah sekitar maupun luar daerah.

Hal ini dapat menjadi peluang yang bagus bagi masyarakat desa. Jika masyarakat dapat mengundang minat wisatawan untuk berkunjung, selanjutnya masyarakat dapat memperkenalkan budaya daerah mereka. Pemuda dapat mengajak masyarakat untuk menciptakan industri rumah tangga kreatif dengan cara menciptakan produk-produk yang menunjukkan ciri khas budaya desa tersebut.

Misalnya kita ambil contoh masyarakat kecamatan Tobasa, mereka membuat kain ulos dengan motif khas batak toba. Ketika mereka telah mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke desa mereka, mereka dapat dengan mudah menjajahkan produk-produk industri kreatif mereka sebagai oleh-oleh khas daerah mereka.

Atau mereka juga dapat menjajahkan hasil kebun yang menjadi ciri khas wilayah mereka. Hal ini tentu saja berdampak baik untuk kemajuan desa mereka yang jika diterapkan ke banyak desa lainnya maka akan berdampak baik untuk pembangunan Indonesia dikemudian harinya.

Namun selain itu semua, ada satu hal yang sangat penting untuk pembangunan desa yaitu memberikan kesadaran kepada masyarakat desa akan pentingnya pendidikan. Masyarakat desa terutama para orangtua masih banyak yang belum sadar bahwa pendidikan sangatlah penting, mereka yang masih tertutup banyak yang menganggap pendidikan hanyalah membuang-buang uang saja.

Pendidikan tidak akan membuat mereka makmur. Pemikiran yang salah inilah yang perlu diperbaiki. Karena jika tidak adanya pendidikan maka tidak akan ada pemuda-pemuda yang berinovasi untuk membangun pedesaan, maka tidak akan adanya perubahan dan desa-desa akan tetap menjadi wilayah tertinggal.

Dan haruslah pemuda-pemuda Indonesia yang telah memiliki pola pikir yang maju, yang telah merasakan pendidikan, memberikan penyuluhan kesadaran kepada masyarakat desa akan pentingnya pendidikan. Pentingnya pendidikan untuk kemakmuran mereka sendiri. Pentingnya pendidikan untuk menjadikan Indonesia lebih baik. Untuk Indonesia tercinta. Merdeka!

featured,nasional

dorimaret

dorimaret


Artikel yang berjudul “Kesuksesan Pembangunan Nasional Diawali Dengan Inovasi Pemuda dalam Membangun Desa” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]