Post Page Advertisement [Top]

Survei PoliticalWave: Sentimen Positif Jokowi 74% dan Prabowo 52%

Survei PoliticalWave: Sentimen Positif Jokowi 74% dan Prabowo 52%

Lembaga kajian PoliticaWave menyatakan netizen atau warganet di media sosial mengapresiasi ketenangan capres petahana Joko Widodo selama menjalani debat keempat Pilpres 2019.

“Debat keempat Pilpres ternyata cukup mengundang animo warganet,” ujar Head of Analytics PoliticaWave Nadia Shabilla dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (31/3/2019).

Nabila mengatakan debat keempat dengan tema tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional, dipenuhi beragam tagar di media sosial yang merespons kedua capres.

Berdasarkan pantauan di media sosial, PoliticaWave mencatat respons warganet secara detail pada 30 Maret 2019.

Percakapan terkait Jokowi di media sosial didominasi oleh sentimen positif sebesar 74 persen dan sentimen negatif sebesar 26 persen. Sementara Prabowo meraih jumlah percakapan sentimen positif sebesar 52 persen dan sentimen negatif sebesar 48 persen.

PoliticaWave juga merangkum percakapan warganet pada setiap segmen. Di semua segmen debat, Jokowi lebih mendapatkan apresiasi positif dari warganet.

Menurut Nabilla, dari hasil analisis itu dapat disimpulkan bahwa Jokowi unggul pada setiap segmen debat keempat Pilpres dari sisi sentimen positif.

Jokowi meraih percakapan positif terbesar pada segmen 1 dengan 82,20 persen. Hal tersebut tidak terlepas dari pernyataan Jokowi mengenai Digital Melayani atau “Dilan” yang dianggap bermanfaat serta sesuai dengan perkembangan digital saat ini.

Di sisi lain, Prabowo meraih percakapan positif terbesar pada segmen awal sebesar 65,30 persen tentang Pancasila sebagai Ideologi negara yang sudah final.

Kemudian, Jokowi meraih percakapan negatif tertinggi pada segmen 5 dikarenakan diplomasi negara yang hanya berorientasi pada bisnis saja.

Di pengujung debat keempat, Prabowo justru meraih percakapan negatif tertinggi di segmen 6 karena dianggap terlalu emosional serta ofensif dalam penyampaiannya.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]