Post Page Advertisement [Top]

6 Trik Mudik Nyaman dan Simpel Bersama Anak

6 Trik Mudik Nyaman dan Simpel Bersama Anak

Figur Nasional – Jelang hari raya Idul Fitri, tradisi mudik menjadi salah satu hal yang dinantikan. Mudik menjadi tradisi untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Tantangan muncul ketika harus mudik membawa anak balita. Kerepotan sudah terbayang, bahkan jauh sebelum keberangkatan, mengingat banyaknya peralatan yang harus dibawa.

Bayangkan, berapa koper yang harus dibawa untuk persiapan si kecil, ditambah koper orangtua. No worries, ada tips yang bisa diaplikasikan agar acara mudik bersama si kecil nyaman dan menyenangkan.  Simak tips dari Abi Shihab, Marketing & Communications Manager, Mothercare & Early Learning Centre dan Nucha Bachri, pendiri Parentalk id dalam acara #MudikTanpaRibet bersama Mothercare.

Pakaian

Jika biasanya membawa baju berlebih karena takut akan kejadian tak terduga, ada triknya agar masalah tersebut tereliminasi. Abi memberikan tips untuk membawa pakaian 1,5 kali dari jumlah hari mudik. Misalnya akan pergi selama empat hari, jumlah hari mudik (4) dikali 1,5 yaitu 6 setel.

Selain itu, dalam memilih bawahan, pertimbangkan memilih pakaian bawahan yang bisa mudah dipadu-padan. Seperti celana pendek dan celana panjang.

Ilustrasi tren baju anak 2018

Alas kaki

Tak perlu membawa banyak sepatu, cukup membawa tiga jenis sepatu, yaitu sepatu resmi, sepatu santai seperti sepatu olahraga, dan sandal.

Usia

Penting juga mempertimbangkan usia anak sebelum bepergian yang memakan waktu lama. Menurut Nucha, usia terbaik adalah 1 hingga 2 tahun karena selain lebih ekonomis, anak di usia tersebut lebih enak diajak bepergian.

“Lebih baik sebelum MPASI, karena kalau perjalanan rewel tinggal nenen (disusui), begitu MPASI menuju satu tahun, bisa makan nasi, makan berbumbu, enggak perlu tekstur bubur banget. Atau justru usia 1 sampai 2 tahun,”ujar pendiri #curhatbabu.

Ilustrasi bayi makan makanan pendamping ASI

Perlengkapan compact

Memilih perlengkapan berukuran compact juga menjadi pertimbangan agar bepergian tidak direpotkan dengan barang berukuran besar.

Pilih stroler, carrier, travel cot, diaper bag yang berukuran kecil. Selain lebih mudah dibawa dan tak memakan banyak ruang, bagi yang menggunakan pesawat bisa dibawa ke dalam kabin sehingga meminimalisir produk rusak atau hilang.

Informasikan kepergian

Sebaiknya beri pengertian pada anak ke mana akan pergi, berapa lama perjalanan, apa saja yang bisa mereka lakukan selama perjalanan. Setidaknya anak tidak akan terkejut dengan lamanya perjalanan, dan batinnya lebih siap.

Mainan

Membawa mainan saat pergi bersama anak merupakan hal yang umum dilakukan agar anak tenang selama perjalanan. Menurut Nucha tak perlu membawa banyak mainan, justru bawa saja mainan baru sehingga anak masih penasaran dan tidak mudah bosan.

Bisa juga dikompromosikan untuk menggunakan Tablet baik untuk bermain atau melihat video. Sebaiknya juga unduh video sebelum pergi.


Artikel yang berjudul “6 Trik Mudik Nyaman dan Simpel Bersama Anak” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]