Post Page Advertisement [Top]

Besok, Jalur Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka

Besok, Jalur Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka

Figur Nasional – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) kembali membuka jalur pendakian Gunung Semeru, 12 Mei mendatang.

Gunung berketinggian 3.676 Mdpl itu sebelumnya ditutup dari aktivitas pendakian sejak 3 Januari 2019, akibat cuaca ekstrem.

Kepala BB TNBTS, John Kenedie, mengatakan berdasarkan pengamatan selama bulan Maret sampai dengan April 2019 ini frekuensi hujan di seluruh kawasan TNBTS relatif menurun atau tidak begitu ekstrem.

“Ditambah dengan tingginya minat masyarakat untuk melakukan pendakian ke Gunung Semeru. Maka pengelola memutuskan untuk membuka kembali jalur pendakian Gunung Semeru, pada tanggal 12 Mei 2019 mendatang,” kata John dalam keterangan tertulis diterima Figur Nasional, Sabtu (11/5/2019).

Ia melanjutkan, batas akan pendakian yang direkomendasikan oleh Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Semeru – Gunung Sawur, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi adalah sampai batas Kalimati.

“Para pihak berkewajiban melakukan koordinasi menciptakan zero accident dan zero waste di Gunung Semeru sesuai kewajibannya masing-masing,” sambung dia.

Sebelum jalur pendakian dibuka, lanjut dia, pihaknya telah melakukan survei dan perbaikan sarana prasarana jalur pendakian, dan juga menggelar rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait mulai dari TNI, Polri, tokoh masyarakat serta Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (BVMBG).

“Kami juga melakukan pelatihan kesiapsiagaan bencana yang diikuti oleh Petugas TNBTS, mitra dan sukarelawan TNBTS,” ujarnya.

Dengan dibuka kembali Gunung Semeru, John berharap minat masyarakat untuk melakukan pendakian dapat terwujud. Namun, ia berpesan agar pendaki yang akan melakukan pendakian menaati prosedur atau peraturan yang berlaku.

Sangat disarankan untuk mempersiapkan fisik dan mental mengingat pendakian adalah wisata minat khusus. Pendaki wajib menggunakan jalur resmi, dan lebih penting adalah ikut melestarikan ekologi kawasan TNBTS dengan tidak membuang sampah di dalam kawasan, atau membawa kembali sampah bawaan keluar kawasan TNBTS, hingga tidak mengganggu flora dan fauna TNBTS.

Bagi calon pendaki pun sudah bisa mendaftar secara online di laman http://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org

“Saat ini sistem booking online TNBTS sudah mengalami perbaikan melalui sistem akun virtual. Layanan akun virtual ini untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan pendaftaran pendakian Semeru, sehingga tidak harus melalui mekanisme menunggu konfirmasi admin pendakian BB TNBTS,” tutupnya.

Kontributor : Aziz Ramadani


Artikel yang berjudul “Besok, Jalur Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]