Post Page Advertisement [Top]

Dalam Rangka Hardiknas, 4883 Peserta UNY nJathil 2019 Pecahkan Rekor MURI

Dalam Rangka Hardiknas, 4883 Peserta UNY nJathil 2019 Pecahkan Rekor MURI

Rektor UNY Prof.DR.Sutrisno Wibowo M.Pd ( paling kiri-red ) menari bersama civitas akademika UNY dan masyarakat dalam kegiatan Festival UNY nJathil 2019 yang digelar di kampus UNY Kamis (2/5/2019 ). ( Foto : Sulistyawan )

Sebanyak 4883 peserta Festival UNY nJathil 2019 yang digelar di Kampus Universitas Negeri Yogyakarta Kamis (2/5/2019 ) berhasil memecahkan rekor MURI. Rekor ini tercatat dalam buku induk MURI ke 8995. Piagam diserahkan oleh Executive Manager MURI Sri Widayati dan diterima oleh Rektor UNY Prof.DR.Sutrisno Wibowo M.Pd.

Festival UNY nJathil 2019 digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh tanggal 2 Mei sekaligus memeriahkan Dies Natalies UNY yang ke-55. Peserta terdiri cicitas akademika UNY , sanggar seni dan masyarakat umum.

Penyelenggaraan kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya menanamkan rasa cinta kesenian kepada masyarakat khususnya kaum millenial khususnya tarian Jathilan atau kuda kepang yang merupakan kesenian asli Indonesia.

Executive Manager MURI Sri Widayati menyerahkan piagam rekor MURI kepada Rektor UNY Prof.DR.Sutrisno Wibowo sebagai penyelenggara dan penggagas Festival UNY nJathil 2019.
(Foto : Sulistyawan )

Festival yang baru pertama kali diselenggarakan ini disambut sangat antusias oleh masyarakat Jogja baik dari kalangan kampus maupun diluar kampus. Bahkan Rektor UNY Prof.DR.Sutrisno Wibowo juga ikut serta menari bersama para peserta.

Dina Septi Rahayu – mahasiswa FBS UNY – yang merupakan salah satu peserta Festival mengaku sangat bangga dapat ikut serta dalam kegiatan yang unik dan langka ini. Apalagi pada kesempatan tersebut dirinya mendapat peran untuk tampil di depan sebagai tutor bagi peserta lainnya.
” Ini sangat luar biasa. Kami bisa menari bersama-sama seperti ini membuat saya cukup bangga ” ujar Dina
Dina mengaku tak banyak persiapan untuk tampil sebagai instruktur bagi ratusan peserta ini. Karena itu, pihaknya menemui beberapa kesulitan, terutama dalam hal mengatur koreografi dan komposisi peserta lainnya.
Sementara itu, Koordinator Kegiatan Festival UNY nJathil 20919 DR.Kuswarsantyo M.Hum mengungkapkan, latar belakang dipilihnya kesenian Jathilan dalam Festival tari ini karena Jathilan merupakan kesenian rakyat. Hal itu sesuai dengan visi dan misi kampus UNY yang ingin selalu menjadi kampus yang selalu ingin mengabdi dan dekat dengan rakyat.

Selain pemecahan rekor MURI pada kesempatan yang sama juga diselenggarakan Lomba Tari Jathilan Kreasi Baru yang diikuti oleh 50 kelompok seni yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya.

featured,nasional

muri,njathil,uny

muri,njathil,uny

retro

Citizen Jurnalis, tinggal di Jogja


Artikel yang berjudul “Dalam Rangka Hardiknas, 4883 Peserta UNY nJathil 2019 Pecahkan Rekor MURI” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]