Post Page Advertisement [Top]

Jokowi Tinjau Bukit Soeharto, Salah Satu Calon Ibu Kota Baru?

Jokowi Tinjau Bukit Soeharto, Salah Satu Calon Ibu Kota Baru?

Selasa 07 Mei 2019, Ir. Joko Widodo menindaklanjuti rencana pemindahan ibu kota dengan melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Sebegaimana diketahui sebelumnya, pemerintah berencana memindahkan ibukota negara yang saat ini berada di DKI Jakarta ke daerah lain yang hingga saat ini belum diputuskan tempatnya.

Wacana pemindahan ibukota ini sudah ada sejak pemerintahan Presiden Pertama Indonesia; Soekarno. Namun hingga kini rencana tersebut belum dieksekusi sama sekali. Di masa pemerintahan Jokowi wacana tersebut dimunculkan kembali dan dibahas dalam ranah yang lebih serius. Sejak 3 tahun lalu diketahui bahwa pemerintah mulai menyeriusi rencana tersebut. Lalu sejak setahun yang lalu pemerintah mulai membentuk tim pengkajian yang mempelajari daerah-daerah potensial untuk dijadikan ibukota baru.

Pada kunjungannya ke Kalimantan Timur, Jokowi dibawa ke Bukit Soeharto. Agenda utama presiden dalam kunjungan ini ialah menyaksikan secara langsung lokasi yang dapat dijadikan sebagai ibukota baru. Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah menjadi sasaran kunjungan karena memiliki wilayah terbuka yang sangat luas. Selain itu juga ada pertimbangan situasi keamanan, demografi dan prospek perencanaan kedepan yang perlu diperhatikan.

Pada saat meninjau secara lengsung kondisi dan situasi di Bukit Soeharto, Jokowi menegaskan demikian; “Sebagai negara besar, kita ingin punya pusat pemerintahan yang terpisah dari pusat ekonomi, bisnis dan jasa perdagangan”. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah serius dalam upaya merealisasikan rencana pemindahan ibukota negara.

Bukit Soeharto terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Namanya diambil dari presiden kedua negeri ini, Soeharto. Area Bukit Suharto mencakup lahan seluas 61.850 Hektare yang berupa hutan dan perbukitan yang baru dihuni penduduk dalam jumlah kecil.

Selain itu, area ini terletak diantara jalan tol yang menghubungkan dua kota besar di Kalimantan Timur; yakni Samarinda dan Balikpapan. Akses jalan dan bandara di kedua kota tersebut tentu dapat menjadi pertimbangan khusus dalam merencanakan pembangunan sebuah kota baru di Bukit Soeharto bila terpilih menjadi lokasi pembangunan ibu kota baru.

Pada akhirnya kita berharap agar pemerintah dapat memilih tempat yang paling tepat untuk dijadikan ibu kota baru negeri ini. 

Sumber : news.detik.com

featured,nasional

bukit,bukit-soeharto,ibukota,ibukota-baru,joko-widodo,jokowi,kalimantan-tengah,kalimantan-timur,pemindahan-ibukota

bukit,bukit-soeharto,ibukota,ibukota-baru,joko-widodo,jokowi,kalimantan-tengah,kalimantan-timur,pemindahan-ibukota


Artikel yang berjudul “Jokowi Tinjau Bukit Soeharto, Salah Satu Calon Ibu Kota Baru?” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]