Post Page Advertisement [Top]

Pesawat Ini Bisa Melesat, Padahal Cuma Pakai Mesin Sepeda Motor

Pesawat Ini Bisa Melesat, Padahal Cuma Pakai Mesin Sepeda Motor

Pakai mesin motor BMW S1000RR.

Pesawat terbang bermesin sepeda motor BMW

Pesawat terbang bermesin sepeda motor BMW

Figur Nasional – Perusahaan penerbangan asal Republik Ceko, La Composite, bekerja sama dengan Universitas Teknik Praha membuat sebuah pesawat terbang. Desainnya terinspirasi dari L39 Albatros, sebuah pesawat jet latih yang dulu pernah dibuat oleh negaratersebut.

Replika dari Albatros itu diberi nama UL-39 Albi Ultralight. Uniknya, mereka memilih untuk menggunakan mesin sepeda motor, sebagai sumber dari pendorong pesawat. Mesin tersebut diambil dari motor gede BMW S1000RR, yang mengusung mesin empat silinder berkapasitas 999cc.

Dilansir dari 100kpj, Jumat 10 Mei 2019, mesin itu dipasang di bagian belakang, dan dihubungkan ke kipas besar. Kipas tersebut berfungsi sebagai pendorong udara, agar pesawat dapat melaju.

Meski tenaga yang dihasilkan hanya 200 daya kuda dan torsi 113 Newton meter, namun mesin tersebut mampu membuat pesawat melesat hingga kecepatan 300 kilometer per jam. Jarak tempuhnya sejauh 547 kilometer.

Pesawat tersebut memiliki dimensi lebih kecil dari Albatros asli, dan berbobot hanya 350 kilogram. Alhasil, Albi masuk dalam kategori pesawat super ringan. Hal itu bisa didapatkan, berkat penggunaan serat karbon pada bodinya.

Sebagai informasi, BMW tidak asing dengan dunia penerbangan. Sebelum bergerak dalam bidang industri otomotif, pabrikan asal Jerman itu membuat mesin untuk pesawat terbang.

Mesin IIIa buatan mereka memiliki performa yang sangat baik, sehingga perusahaan berkembang pesat. Namun, usai Perang Dunia Pertama, perusahaan diminta untuk berhenti membuat mesin. Larangan itu dicabut pada 1922, dan sejak itu mereka aktif di industri kendaraan.


Artikel yang berjudul “Pesawat Ini Bisa Melesat, Padahal Cuma Pakai Mesin Sepeda Motor” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]