Post Page Advertisement [Top]

Ini Jadwal Sidang Isbat Kemenag untuk Menentukan Hari Raya Idul Fitri 1440 H

Ini Jadwal Sidang Isbat Kemenag untuk Menentukan Hari Raya Idul Fitri 1440 H

sidang-isbat

Puasa sudah tinggal menghitung hari saja dan umat muslim segera memasuki hari lebaran. Kementerian Agama (Kemenag) sudah memberi info bahwa sidang isbat untuk menentukan hari Idul Fitri 1440 H akan dilaksanakan Senin (3/6/2019) di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta.

Sidang isbat akan dilaksanakan secara tertutup dan hasilnya akan diumumkan dalam jumpa pers. Yang akan menghadiri sidang isbat diantaranya Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Ami mengatakan bahwa sidang isbat ini merupakan wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah. Sidang akan dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

Ada dua cara yang akan ditempuh untuk menentukannya, yaitu yang pertama melalui perhitungan astronomi (hisab) untuk menentukan posisi pasti hilal. Kemudian akan didapatkan perkiraan letak bulan baru dan dikonfirmasi dengan melihat hilal secara langsung (rukyat).

Bila Kemenag masih menunggu hasil isbat nanti, Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir justru telah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriyah dan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 5 Juni 2019.

featured,nasional

kemenag,lebaran,sidang-isbat

kemenag,lebaran,sidang-isbat


Artikel yang berjudul “Ini Jadwal Sidang Isbat Kemenag untuk Menentukan Hari Raya Idul Fitri 1440 H” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]