Post Page Advertisement [Top]

WHO: Setiap Hari, Satu Juta Orang Kena Infeksi Menular Seksual

WHO: Setiap Hari, Satu Juta Orang Kena Infeksi Menular Seksual

Sering disebabkan oleh parasit protozoa.

Ilustrasi penyakit menular seksual.

Ilustrasi penyakit menular seksual.

Figur Nasional – Infeksi menular seksual masih menjadi masalah di berbagai negara. Bahkan data baru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa di seluruh dunia, sekitar satu juta orang tertular IMS setiap harinya. 

Pada 2016, diperkirakan ada 376,4 juta kasus penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, trikomoniasis, dan sifilis. Menurut analisis WHO terhadap lebih dari 100 studi yang dilakukan antara 2009 dan 2016, yang dapat disembuhkan pada pria dan wanita pada kalangan usia 15 hingga 49 tahun. Tingkat insiden itu serupa dengan yang diperkirakan pada 2012.

Trikomoniasis, atau IMS yang disebabkan oleh parasit protozoa, adalah yang paling umum di seluruh dunia, dengan perkiraan 156 juta infeksi pada 2016. Klamidia adalah yang paling umum berikutnya, dengan 127,2 juta kasus, diikuti oleh gonore (86,9 juta) dan sifilis (6,3 juta).

Trikomoniasis sendiri ialah IMS yang paling tinggi pada  wanita. Penyakit ini memengaruhi sekitar lima persen dari semua wanita di seluruh dunia. Sementara itu klamidia adalah yang paling umum di antara pria dan memengaruhi hampir tiga persen dari populasi pria secara global.

Tingkat prevalensi dan insiden dari keempat IMS yang termasuk dalam laporan WHO adalah yang tertinggi di wilayah Oseania (yang mencakup semua negara Kepulauan Pasifik kecuali Australia dan Selandia Baru). 

Dalam banyak kasus individu, IMS ini tidak menimbulkan gejala, sehingga penyebarannya sering tidak terdeteksi. 

Disebutkan salah satu cara menghindari IMS adalah menggunakan kondom. Dokter sendiri juga  merekomendasikan skrining IMS rutin untuk individu yang aktif secara seksual, terutama mereka yang berada dalam kelompok berisiko tinggi seperti wanita muda, dewasa hingga lanjut usia. (ldp)


Artikel yang berjudul “WHO: Setiap Hari, Satu Juta Orang Kena Infeksi Menular Seksual” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]