Post Page Advertisement [Top]

Gempa Bumi Kembali Guncang Nias Utara

Gempa Bumi Kembali Guncang Nias Utara

Setelah gempa bumi Maluku Utara, malam ini (Selasa, 9/7) BMKG kembali merilis berita terbaru. Baru saja terjadi gempa bermagnitudo 4,2 di area sekitar Gunungsitoli, kabupaten Nias Utara. Diprediksi gempa tersebut terjadi di titik koordinat 1.24 LU dan 9694 BT. Untuk kedalamannya sendiri, BMKG menyebutkan berada di 25 kilometer. Sedangkan titik dari terjadinya gempa bumi berada di Barat Daya kabupaten Nias Utara, tepatnya 51 kilometer ke arah laut.

Gempa tektonik yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Masyarakat tak perlu khawatir sedikitpun. BMKG memastikan hal tersebut melalui informasi yang disebar di akun resmi twitternya. Pihaknya menyatakan hingga saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut terkait kerusakan yang diakibatkan oleh gempa. Disinyalir gempa hanya terjadi sebentar dan tidak ada gempa susulan atau aftershock.

Masyarakat Nias Utara diharapkan tidak khawatir dengan isu yang mungkin bermunculan. Sebaiknya tetap pantau keadaan melalui informasi resmi yang dikeluarkan oleh BMKG. Jangan mudah diprovokasi oleh oknum tak bertanggung jawab, apalagi memanfaatkan keadaan tersebut. Semua pihak dihimbau untuk tetap tenang dan melanjutkan aktivitas seperti biasa.

Atas kejadian tersebut, beberapa wilayah diketahui terdampak gempa. Guncangannya sendiri dirasakan di 2 lokasi berbeda, yakni Gunungsitoli I MMI dan Nias Utara III MMI. Provinsi Sumatera Utara memang beberapa kali sempat dilanda gempa. Sebagian besar tidak menyebabkan dampak berarti, bahkan getarannya tak cukup berasa. Rentannya kawasan di sepanjang pulau Sumatera akan gempa turut diperjelas oleh BMKG.

Seperti gempa Nias Utara malam ini, titik gempa menunjukkan adanya aktivitas subduksi di area sekitar lempang. Hal tersebut terlihat dari data yang dimiliki oleh BMKG. Hasil analisis menunjukkan kedangkalan gempa dipicu oleh Lempeng Indo – Australia yang bergerak ke arah Lempeng Eurasia. Lempeng tersebut mengarah ke bagian bawah Lempeng Eurasia, sehingga menggeser permukaan bumi.

Kondisi tersebut menyebabkan wilayah di sepanjang pulau Sumatera masuk dalam deretan aktif gempa. Tak ayal seringkali gempa terjadi di beberapa wilayah, seperti Sumatera Barat, Aceh, Sumatera Utara, maupun Lampung. Indonesia sendiri termasuk daerah rawan gempa yang diapit oleh lempeng Eurasia, Indo – Australia dan didukung oleh aktivitas aktif gunung merapi.

Sumber: cnnindonesia.com

featured,nasional

bencana,bencana-gempa-bumi,gempa,gempa-bumi,gempa-nias-utara

bencana,bencana-gempa-bumi,gempa,gempa-bumi,gempa-nias-utara


Artikel yang berjudul “Gempa Bumi Kembali Guncang Nias Utara” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]