Post Page Advertisement [Top]

Jemaah Haji RI Tiba di Mekah Besok, Bus Shalawat Siap Dioperasikan

Jemaah Haji RI Tiba di Mekah Besok, Bus Shalawat Siap Dioperasikan

Figur Nasional – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja Mekah mulai bersiap menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia dari Madinah. Salah satu persiapannya, bidang transportasi dengan menggelar simulasi angkutan bus shalawat, Sabtu, 13 Juli 2019.

Bus shalawat merupakan bagian dari layanan jemaah haji Indonesia. Bus ini akan mengantarkan jemaah dari hotel tempatnya menginap menuju Masjidil Haram, pulang-pergi. Bus ini akan beroperasi 24 jam selama musim haji 2019, kecuali lima hari sebelum dan sesudah puncak haji di Arafah.  

Simulasi angkutan shalawat ini langsung disaksikan oleh Konjen RI Jeddah, Mohammad Hery Saripudin dan Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid. Menurut Hery, kabar gembira dari sektor transportasi bahwa tahun ini jemaah haji Indonesia akan mendapatkan layanan full bus shalawat tanpa transit langsung ke Masjidil Haram.

“Mudah-mudahan memberikan kenyamanan jemaah haji,” kata Hery Saripudin di Terminal Syib Amir, Mekah, Arab Saudi, Sabtu, 13 Juli 2019.

Konjen RI di Jeddah, Mohammad Hery Saipudin saat simulasi Bus Shalawat

Inovasi lain di bidang transportasi jemaah haji bahwa bus-bus yang digunakan jemaah merupakan keluaran tahun 2019. Dilengkapi AC, kursi yang bisa disetel, kulkas, CCTV, dan plug charger handphone di setiap kursinya. Tenaga sopir yang terlatih dan petugas di setiap halte.

Di samping itu, Hery menambahkan, sarana transportasi ini juga sebagai bagian dari upaya melakukan diplomasi promosi ekonomi, perdagangan, dan pariwisata Indonesia. 

“Kita tempelkan semacam iklan 10 komoditi ekspor Indonesia, kemudian mengenai pariwisata dan lainnya. Ini bagian dari upaya integrated effort dari pemerintah dari berbagai kondisi yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Transportasi Asep Subhana mengatakan, simulasi ini melibatkan seluruh personel Transportasi Haji yang berjumlah 200 orang. Simulasi dimulai dari depan Kantor Daker Mekah menuju Terminal Syib Amir.

Selesai upacara, bus akan bergerak ke salah satu hotel yang akan digunakan jemaah RI yakni Hotel Kiswah dan bergerak kembali ke Terminal Syib Amir.

“Kita siapkan bus shalawat lima unit dengan stiker Indonesia. Alhamdulillah sudah terpasang semua,” kata Asep. 

Nantinya, bus shalawat yang dikerahkan melayani jemaah haji Indonesia tahun ini berjumlah 450 unit. Ratusan bus ini akan beroperasi penuh selama 24 jam mengantarkan jemaah dari hotel menuju terminal di sekitar Masjidil Haram tanpa transit. 

“Jadi tahun ini jemaah akan menggunakan bus langsung dari hotel (langsung) ke terminal di sekitar Masjidil Haram,” ujarnya. 

Simulasi layanan Bus Shalawat untuk jemaah haji Indonesia

Seperti diketahui, selama masa operasional, bus shalawat akan berputar dari hotel jemaah menuju Masjidil Haram dan sebaliknya secara berkelanjutan. Layanan didukung dengan 9 rute, 56 halte, dan 3 terminal.

Sembilan rute dengan empat terminal bus shalawat yang berada di sekitar Masjidil Haram, yaitu: (1) Jamarat – Mahbas Jin – Bab Ali; (2) Syisyah – Syib Amir; (3) Syisyah Raudhah – Syib Amir; (4) Syisyah 1 – Syib Amir; (5) Syisyah 2 – Syib Amir; (6) Raudhah – Syib Amir; (7) Jarwal – Syib Amir; (8) Misfalah – Jiad; dan (9) Rea Bakhsy – Jiad.


Artikel yang berjudul “Jemaah Haji RI Tiba di Mekah Besok, Bus Shalawat Siap Dioperasikan” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]