Post Page Advertisement [Top]

Jemaah Kenali Atribut Petugas Haji, Jangan Sungkan Minta Bantuan

Jemaah Kenali Atribut Petugas Haji, Jangan Sungkan Minta Bantuan

Figur Nasional – Musim haji telah tiba. Jutaan umat Muslim dari penjuru dunia akan berkumpul di Kota Mekah untuk bersiap menunaikan rukun Islam yang kelima. Berbagai persiapan dilakukan Arab Saudi untuk menyambut Tamu Allah di negara mereka. 

Pantauan Figur Nasional di Kota Mekah, kawasan Masjidil Haram mulai dipadati umat Muslim dari berbagai negara. Sejak rombongan PPIH Arab Saudi Daerah Kerja Mekah tiba di Kota Mekah pada Selasa, 9 Juli 2019, jumlah calon jemaah haji dari berbagai negara terus meningkat.

Sementara jemaah haji Indonesia, rencananya baru akan tiba di Kota Mekah pada esok hari, Minggu, 14 Juli 2019 mendatang. Ada tiga kloter jemaah RI yang akan tiba perdana di Kota Suci Mekah. Yakni, Kloter 1 Surabaya, Kloter 1 Batam, dan Kloter 2 Batam.

Kedatangan kloter pertama itu akan disusul oleh kedatangan kloter-kloter jemaah haji RI lainnya, usai melaksanakan ibadah Arbain di Masjid Nabawi, Madinah Al Munawarah. Disamping itu, gelombang kedua jemaah haji Indonesia juga akan mendarat perdana di Jeddah pada 20 Juli 2019. Jemaah langsung bergerak ke Mekah, seiring mendekatnya puncak haji 2019.

Dipastikan, kawasan Masjidil Haram akan menjadi titik kumpul jutaan calon jemaah haji dari berbagai dunia. Kepadatan dan keramaian pasti akan ditemui setiap waktu. Mereka melaksanakan umrah, berthawaf mengelilingi Ka’bah dilanjutkan dengan Sa’i antara Bukit Sofa dan Marwa. Hanya pada saat waktu salat wajib saja, aktifitas thawaf itu berhenti. 

Namun, jemaah haji Indonesia tidak perlu khawatir. Di tengah kepadatan jemaah dari berbagai penjuru dunia di Masjidil Haram maupun Kota Mekah secara umum, petugas haji Indonesia siap membantu kebutuhan jemaah haji.

Khusus di Masjidil Haram, para petugas haji ini disebar di beberapa titik. Para petugas ini siap membantu dan melayani jemaah setiap waktu. Bila jemaah butuh bantuan, bingung arah pulang ke hotel, jangan sungkan bertanya kepada petugas haji Indonesia.

Jemaah hanya perlu mengenali petugas haji Indonesia dengan identitasnya cukup mencolok. Para petugas mengenakan seragam putih rompi hitam bertuliskan ‘Petugas Haji Indonesia 2019’ di punggung belakang. Di bagian depan dada sebelah kanan bertuliskan nama petugas dan sebelah kanan ada label bendera Merah Putih.

Pemberangkatan Petugas Haji ke Tanah Suci

Pada seragam putih petugas, terdapat nama dari petugas tersebut dan label petugas haji Indonesia di bagian dada sebelah kanan. Di dada kiri tertulis bordiran tulisan Arab. Sementara di lengan baju sebelah kirinya ada bendera merah putih. Mereka juga akan mengenakan topi hitam dengan logo bendera merah putih.

Direktur Bina Haji Kementerian Agama, Khairizi H Dasir, mengingatkan jemaah haji Indonesia tidak perlu khawatir bila menemui kesulitan dan membutuhkan bantuan di Tanah Suci. Mereka hanya perlu menghubungi petugas yang mengenakan seragam bertuliskan “Petugas Haji Indonesia 2019”. 

“Panggil saja siapa pun yang mengenakan seragam yang dipunggungnya bertuliskan ‘Petugas Haji Indonesia 2019’. Pasti akan dibantu,” ungkap Khoirizi, Rabu, 10 Juli 2019.

Menurut Khoirizi, ini perlu diketahui jemaah haji Indonesia agar tidak sembarangan meminta bantuan kepada orang yang tidak dikenal. “Jangan sampai jemaah meminta bantuan pada orang yang tidak dikenal. Ingat, cari petugas kami yang berseragam,” tegas Khoirizi. 

Tahun ini menurut Khoirizi, Kementerian Agama telah menyiapkan seragam petugas berupa baju berwarna putih dengan garis hijau di bagian kerah dan lengan, serta variasi garis merah vertikal berwarna merah di bagian dada. “Di bagian dada ada bordir nama petugas dan label petugas haji Indonesia yang ditulis dalam bahasa dan tulisan Arab,” tuturnya. 

Kepada para petugas haji Indonesia, Khoirizi juga mengingatkan untuk selalu mengenakan seragam mereka agar mudah dikenali jemaaah. “Dan, kita tidak lari dari tanggung jawab membina, melayani, dan melindungi Dhuyufurrahman,” tegasnya. (ren)


Artikel yang berjudul “Jemaah Kenali Atribut Petugas Haji, Jangan Sungkan Minta Bantuan” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]