Post Page Advertisement [Top]

Mengenal Sektor Khusus untuk Layani Jemaah Haji di Masjidil Haram

Mengenal Sektor Khusus untuk Layani Jemaah Haji di Masjidil Haram

Figur Nasional – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) tahun 2019 terus berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan ibadah bagi jemaah haji Indonesia di Tanah Suci. Selain membuat tim pelayanan dan pengamanan di tiap-tiap sektor, PPIH Arab Saudi juga membentuk sektor khusus untuk melayani jemaah haji di kawasan Masjidil Haram.

Dalam beberapa tahun terakhir, sektor khusus biasanya diisi personel dari Kepolisian RI dan TNI. Kini, tak hanya TNI-Polri selaku tim perlindungan jemaah, tapi juga ada tim kesehatan dan tim pembimbing ibadah.

Sektor khusus ini dibentuk di dua kota, yakni Mekah dan Madinah, sebagai komitmen pemerintah untuk melayani jemaah haji di Tanah Suci. Sebab, selama musim haji, kawasan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram menjadi tempat paling padat, di mana berkumpulnya jemaah haji dari berbagai negara.

“231 ribu jemaah itu akan menuju Masjidil Haram,” kata Kabid Perlindungan Jemaah Jaetul Muchlis usai memberikan pengarahan Seksus Masjidil Haram.

Menurut Jaetul, Seksus Masjidil Haram dan Madinah ini awalnya cuma unit-unit layanan perlindungan jemaah. Tapi kini tiga unit layanan. Layanan perlindungan, kesehatan, dan layanan bimbingan ibadah. Layanan kesehatan hanya untuk deteksi dini saja. 

“Tetapi sekarang kita libatkan dari P3JH dari unsur kesehatan. Dan ketiga ada unit layanan bimbingan ibadah. Khusus pelayanan bimbingan ibadah,” ujarnya.

Sektor khusus Petugas Haji ndonesia melakukan orientasi lapangan
Di samping itu, jemaah haji diminta memperhatikan barang bawaan, khususnya bagi mas’a tentunya pertama senantiasa pergerakannya itu dalam kekuatan rombongan atau kelompok.

Tentunya jangan semua perempuan. Tetapi juga ada lelakinya. Kemudian juga melihat petugas haji. Sejak di bandara ada petugas haji, segala bentuk kesulitan segera hubungi petugas haji.

“Kalaupun sudah telanjur, tidak dibawa ke tempat ibadah. Termasuk uang living cost atau uang saku tidak dibawa ke tempat ibadah. Bisa jadi tercecer atau bahkan tindakan kriminal orang yang tidak bertanggung jawab,” ungkapnya.


Artikel yang berjudul “Mengenal Sektor Khusus untuk Layani Jemaah Haji di Masjidil Haram” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]